Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-P1) SMK Negeri 3 Jayapura Alamat : Jalan Raya Abepura Kotaraja Distrik Abepura, Jayapura - Telepon : (0967) 5572722 , Faksimile : (0967) 5572722
HORISON GROUP BERSAMA 4 SMK DI PAPUA TANDATANGAN MEMORANDUM of UNDERSTANDING (MoU) PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)

Kamis, 13 Februari 2020 oleh Angel


JAYAPURA - Manajemen Hotel Horison Grup di Papua melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan 4 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Papua terkait Praktek Kerja Industri (Prakerin). 4 SMK tersebut yaitu SMK Negeri 1 Jayapura, SMK Negeri 2 Jayapura, SMK Negeri 3 Jayapura dan SMK YPK Betlehem Keerom. Penandatanganan MOU dilakukan oleh General Manager Hotel Horison Jayapura, Eddy Soenarno Soerjaningrat, General Manager Hotel @Hom Premiere Abepura, Roy Gabriel, General Manager Horex Sentani, Mustafid Adcha bersama Kepala SMK Negeri 1 Jayapura, Anna Rabeka Rumbiak, Kepala SMK Negeri 2 Jayapura, Elia Waromi, Kepala SMK Negeri 3 Jayapura, Melkianus Mawene dan Kepala SMK YPK Betlehem Keerom, Yemy Kole.


General Manager Hotel Horison Jayapura dan Kotaraja, Eddy Soenarno Soerjaningrat mengatakan, kerjasama dengan SMK merupakan kewajiban dari manajemen pusat untuk Horison Grup di setiap daerah termasuk di Papua. "Kami harus mendidik dan memberikan kesempatan seluas – luasnya kepada para siswa SMK untuk belajar. Kami pihak hotel dengan senang hati mendidik mereka menjadi sumber daya manusia siap pakai di dunia kerja,” ucap Eddy usai penandatanganan kerjasama, di Hotel @Hom Premiere Abepura, Jumat (14/02/2020).


Eddy mengatakan, metode yang digunakan untuk para siswa magang adalah belajar sambil mengawasi, artinya melatih mereka sambil memberikan bimbingan. Pihaknya berharap, para siswa yang selesai magang dari Horison Grup siap pakai di dunia kerja. Pihaknya memastikan tidak ada batasan kuota untuk siswa magang di Horison Grup. Dia juga menegaskan kendati telah melakukan penandatanganan dengan 4 SMK, namun masih membuka peluang untuk sekolah kejuruan lainnya di Papua untuk melakukan Prakerin di Horison Grup.


Terkait siswa magang yang datang dari luar Jayapura, Eddy mengatakan, manajemen Horison Grup telah menyiapkan tempat tinggal sementara bagi para siswa yang datang dari luar daerah agar bisa lebih fokus melaksanakan Prakerin. Senada dengan Eddy, General Manager Hotel @Hom Premiere Abepura, Roy Gabriel mengatakan, manajemen Horison Grup sangat peduli dengan SDM yang berada disekitar perusahaan termasuk di Papua.


Roy pun mengungkapkan bahwa kerjasama dengan 3 SMK bukan yang pertamakalinya, dan telah dimulai sejak dua tahun lalu, namun khusus SMK YPK Betlehem Keerom, kerjasama ini baru pertamakali dilakukan. “Tidak menutup kemungkinan siswa SMK yang telah magang ini, kami tarik untuk bekerja di Horison Grup, karena setelah magang, kami lakukan evaluasi,” ujar Roy Gabriel didampingi General Manager Horex Sentani, Mustafid Adcha.


Kepala SMK Negeri 1 Jayapura, Anna Rabeka Rumbiak berharap, manajemen hotel memberikan bimbingan kepada para siswa magang terutama karakter mereka yang masih berusia muda. “Para siswa masih berusia sangat muda dan masih labil sehingga belum siap kerja sepenuhnya, tetapi dengan proses yang ada kurang lebih 6 bulan harus prakerin, mereka bisa dibentuk dan bisa lebih siap masuk dunia kerja,” kata Anna.


Sementara itu, Kepala SMK Negeri 2 Jayapura, Elia Waromi mengatakan, ketika para siswa masuk ke dunia industri termasuk di perhotelan, bisa melakukan apa yang telah dipelajari di sekolah. “Ini bagian revitalisasi SMK sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2019 tentang semua pihak harus sama – sama mendorong memajukan pendidikan,” ucap Elia.


Senada dengan Elia Waromi, Kepala SMK Negeri 3 Jayapura, Melkianus Mawene mengatakan, fasilitas penunjang praktek di sekolah masih terbatas sehingga pihak sekolah mewajibkan para siswa melakukan praktek kerja di luar sekolah. Kepala SMK YPK Betlehem Keerom, Yemi Kole menyampaikan terimakasih kepada manajemen Horison Grup yang memberikan kesempatan kepada siswanya untuk melakukan Prakerin. “Kami bersyukur karena Horison Grup mau bekerjasama dengan SMK YPK Betlehem Keerom,” ujar Yemi.***

SALAM SMK...



MELKIANUS MAWENE, ST, M.MT

Jumlah pengunjung situs ini : 4529

Nama:Awaluddin
E-Maill:aweael.awal3@gmail.com
Telp:0852-424-393-80
Nama:Amirul Sholeh
Telp:SholehPapua@yahoo.com
E-Maill:0811-459-5833

Tidak Ikut Ujian Kalkulus

Ada 4 orang mahasiswa Perguruan Tinggi. Mereka mau ke kampus untuk ikut ujian kalkulus. Tapi mereka semua blum belajar semua materi yang akan diujiankan. Karena takut gagal, akhirnya mereka berencana untuk "menipu" pak dosen dengan alasan yang cukup masuk akal, yaitu: "Terlambat ikut ujian karena ban mobil mereka pecah di tengah jalan." Kebetulan mereka berempat selalu pakai mobil sama-sama. Setelah ketemu dosennya, mereka memberitahukan alasan tersebut. Dan dosennya bilang kalo besok pagi baru mereka akan ikut ujian susulan. Mereka senang akhirnya. Besoknya, setelah seharian belajar, akhirnya mereka ketemu dosen tersbut dan dosen tersebut memberikan ujian susulan. Tapi dosennya menempatkan mereka 1 orang tiap 1 ruangan, utk menghindari nyontek ato berdiskusi. Dan waktunya cuma diberi 1 jam saja. Mereka 4 pun cukup senang karena soalnya cuma ada 2 saja. Soal nomor 1 (nilainya 5 poin): Carilah turunan dari e^(sin(x)+cos(x)) terhadap x? Setelah liat soal nomor 1 mereka lega karena gampang. Soal nomor 2 (nilainya 95 poin): Kemarin ban sebelah mana yang pecah? Setelah liat soal nomor 2 langsung dong 4 keringat jagung...
Sent by: Andrey Awoitauw posted on 20 April 2014
Sumber: https://www.ketawa.com/2014/04/10085-tidak-ikut-ujian-kalkulus.html




© Copyright 2019 Team Admin. SMK Negeri 3 Jayapura