Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-P1) SMK Negeri 3 Jayapura Alamat : Jalan Raya Abepura Kotaraja Distrik Abepura, Jayapura - Telepon : (0967) 5572722 , Faksimile : (0967) 5572722
Minat Siswa Masuk SMK Negeri 3 Jayapura Cukup Tinggi

KABARPAPUA.CO, Kota Jayapura – Antusiasme siswa untuk masuk sekolah kejuruan atau SMK di Kota Jayapura tahun ajaran 2017/2018 cukup tinggi. Ini terlihat dari banyaknya siswa yang mendaftarkan dirinya masuk ke SMK Negeri 3 Jayapura.
“Yang sudah melakukan pendaftaran di SMK Negeri 3 sebanyak 900 calon siswa baru, sementara yang akan diterima hanya 780 orang. Jumlah yang diterima ini sesuai dengan kapasitas ruangan,” kata Kepala SMK Negeri 3 Jayapura, Zeth Victor Faodubun saat ditemui di ruang kerjannya.

Menurut Victor dari 780 siswa yang akan diterima, akan dibagi dalam 14 rombongan belajar (rombel) atau 14 bidang kompentensi siswa. Ke-14 bidang kompetensi ini meliputi Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan, Bisnis Kontruksi dan Properti, Desain Permodelan dan Bangunan, Teknik Geomatika, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Permesinan, dan Tehnik Pengelasan.
Selain itu, kata Victor, juga ada Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik dan Bisnis Speda Motor, Teknik Audio Video, Geologi Pertambagan, Teknik Energi Surya Hidro dan Angin, serta Teknik Komputer dan Jaringan. “Durasi waktu pendidikan rata-rata selama tiga tahun, hanya Geologi Pertambagan dan Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan yang lama pendidikannya, yakni empat tahun,” jelasnya.
Menurut Victor, untuk masuk SMK Negeri 3 Jayapura sangat ketat, misalnya harus bebas dari masalah narkoba dan juga setiap mau melakukan praktek harus didahului pemeriksaan bebas narkoba. “Mereka yang terindikasi gunakan narkoba, tak diberangkatkan untuk melakukan praktek lapangan,” katanya.
Alasan harus dilakukannya pengecekan narkoba, kata Victor, karena para siswa nantinya akan berhadapan dengan peralatan kerja seperti yang dalam dunia industri. “Sebab siapa yang harus bertanggungjawab jika terjadi kerusakan alat atau terjadi kecelakaan kerja,” katanya.
Ditanya terkait biaya masuk SMK Negeri 3, Victor tak menyampaikannya secara terbuka karena menurutnya soal pembiayaan diserahkan kepada komite sekolah bersama orang tua. “Komite sekolah akan bertemu dengan orang tua soal besaranya biaya. Jumlah biaya ini saya tak tahu,” katanya. ***(Fitus Arung)


ZETH G.VICTOR FOUDUBUN, M.Pd

Jumlah pengunjung situs ini : 181

Nama:Awaluddin
E-Maill:aweael.awal3@gmail.com
Telp:0852-424-393-80
Nama:Amirul Sholeh
Telp:SholehPapua@yahoo.com
E-Maill:0811-459-5833

Tidak Ikut Ujian Kalkulus

Ada 4 orang mahasiswa Perguruan Tinggi. Mereka mau ke kampus untuk ikut ujian kalkulus. Tapi mereka semua blum belajar semua materi yang akan diujiankan. Karena takut gagal, akhirnya mereka berencana untuk "menipu" pak dosen dengan alasan yang cukup masuk akal, yaitu: "Terlambat ikut ujian karena ban mobil mereka pecah di tengah jalan." Kebetulan mereka berempat selalu pakai mobil sama-sama. Setelah ketemu dosennya, mereka memberitahukan alasan tersebut. Dan dosennya bilang kalo besok pagi baru mereka akan ikut ujian susulan. Mereka senang akhirnya. Besoknya, setelah seharian belajar, akhirnya mereka ketemu dosen tersbut dan dosen tersebut memberikan ujian susulan. Tapi dosennya menempatkan mereka 1 orang tiap 1 ruangan, utk menghindari nyontek ato berdiskusi. Dan waktunya cuma diberi 1 jam saja. Mereka 4 pun cukup senang karena soalnya cuma ada 2 saja. Soal nomor 1 (nilainya 5 poin): Carilah turunan dari e^(sin(x)+cos(x)) terhadap x? Setelah liat soal nomor 1 mereka lega karena gampang. Soal nomor 2 (nilainya 95 poin): Kemarin ban sebelah mana yang pecah? Setelah liat soal nomor 2 langsung dong 4 keringat jagung...
Sent by: Andrey Awoitauw posted on 20 April 2014
Sumber: https://www.ketawa.com/2014/04/10085-tidak-ikut-ujian-kalkulus.html




© Copyright 2018 Team Admin. SMK Negeri 3 Jayapura